Logo_Pandeglang1.png

Profil Kecamatan Panimbang

Sejarah Singkat Kantor Camat Panimbang

Kecamatan Panimbang Pada awalnya merupakan  Kantor perwakilan dari Kecamatan Cigeulis, kemudian pada tahun 1992 resmi menjadi Kantor Camat Panimbang yang diresmikan oleh Bupati Pandeglang H. Moch. Zein BA. dengan luas Wilayah ± 24.828 Ha yang terdiri dari 12 Desa binaan yaitu  Desa Panimbangjaya, Desa Mekarjaya, Desa Teluk lada, Desa Gombong, Desa Kertaraharja, Desa Bojen, Desa Kutamekar, Desa Sobang, Desa Mekarsari, Desa Pangkalan, Desa Citeureup, dan Desa Tanjungjaya.

Pada tahun 2007 Kecamatan Panimbang di pekarkan menjadi dua Kecamatan yaitu Kecamatan Panimbang dan Kecamatan Sobang. Kecamatan  Panimbang Dengan batas Wilayah adalah sbb :

  • Sebelah Utara            :  Kecamatan Sukaresmi
  • Sebelah Timur           :  Kecamatan Angsana
  • Sebelah Selatan         :  Kecamatan Cigeulis & Sobang
  • Sebelah Barat            :  Selat Sunda

Secara Administratif Kecamatan Panimbang mempunyai 6 Desa Binaan, yaitu Desa Panimbangjaya, Desa Mekarjaya, Desa Gombong, Desa Mekarsari, Desa Citeureup, dan Desa Tanjungjaya. Dimana setiap Desa sudah mempunyai Kantor sebagai pusat pelayanan masyarakat baik dibidang Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan. Dalam pelaksanaan tugasnya Kepala Desa dibantu oleh Sekdes, Para Kasi, Kaur dan Kepala Dusun yang membawahi Ketua RW dan RT. Adapun sebagai  mitra Kepala Desa dalam pelaksanaan kegiatan Pemerintahannya dibantu oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan dibantu oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).

Dalam pelaksanaan Kegiatan baik dibidang Pemerintahan, Pembangunan, maupun kegiatan Kemasyarakatan Camat dibantu oleh Sekretaris Kecamatan, Kasi Pemerintahan, Kasi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kasi Pendapatan Asli Daerah dan Kasi Kesejahteraan Sosial juga beberapa orang Staff.

 Adapun Dinas Instansi yang menopang kegiatan pemerintahan setingkat Kecamatan dengan dikoordinasikan oleh Camat adalah sebagai berikut :  UPT Pendidikan, UPT Puskesmas Panimbang, UPT Badan Pemberdayaan Perempuan, UPT Pertanian dan Peternakan, UPT Perikanan dan Kelautan, UPT Hutbun, Polsek, Posmil, BRI Unit Panimbang, Dinas Kebersihan, Mantri Pasar, Perhubungan, Pol Airud, Bank Danamon, dan BPD.